Jumat, 09 Januari 2009

Palestina

salam..

pada kesempatan ini saya ingin mengajukan penyesalan yang sangat mendalam atas peristiwa yang terjadi di Palestina. perbuatan israel benar sudah di lewat batas (sebenarnya bukan cuma peristiwa ini saja). pada kesempatan ini juga saya ingin menyampaikan pendapat saya mengenai pengeboman di jalur Gaza.

pengeboman yang dilakukan oelh israel terhadap palestina yang terjadi beberapa waktu lalu telah mengundang banyak simpati dari dunia. sebagian orang menilai peristiwa ini merupakan konflik agama antara agama islam dan yahudi. namun sebenarnya apa yang dilakukan oleh israel terhadap palestina sudah bukan lagi berupa konflik agama. tetapi sudah menjamah menjadi konflik kemanusiaan dan lingkungan.

israel mengatakan bahwa peristiwa jalur Gaza itu tidak akan memakan koraban sipil. namun pada kenyataannya justru yang menjadi sasaran oleh israel adalah penduduk sipil. tidak sedikit dari mereka yang kehilangan keluarga akibat pengeboman oleh israel. di lihat dari sejarah perang yang pernah terjadi, tidak dibenarkan dalam perang untuk membunuh rakyat sipil yang tidak terlibat dalam perang kecuali mereka menganut cara kuno yang dipakai pada zaman romawi dan mongol.

dilihat dari sisi ini terlihat jelas bahwa apa yang dilakukan oleh israel sudah sangat pantas mendapat perlawanan dari dunia. sayangnya PBB yang selama ini menjadi acuan negara-negara belum mengambil langkah konkret dalam menyelesaikan maslah ini. apa yang mereka lakukan hanya tertulis di atas kertas yang kapan saja dapat dilanggar, lalu dibuat lagi yang baru yang kemudian dilanggar lagi. terus seperti itu. saya tidak mengerti apa yang menghambat organisasi dunia seperti PBB untuk berbuat. satu-satunya alasan yang masuk akal bagi saya adalah karena mereka terlibat dalam hal-hal yang bersifat pribadi dalam peristiwa ini.

2 komentar:

wyd mengatakan...

susahnya, negara2 muslim juga ga bersatu. untuk sesi pertama mungkin palestine bisa dikalahkan dalam hal persenjataan. but who knows future?

hfiz03 mengatakan...

bener banget bu, who knows the future? tapi selama yang mengendalikan dunia ini tetap orang dari golongan yang sama, kesulitan bakal terus menemui kita


Blogger Templates by Isnaini Dot Com and Construction. Powered by Blogger